Workshop Implementasi Enterprises Resource Planning (ERP) untuk Manufacturing, Trading dan Service

Workshop Implementasi Enterprises Resource Planning (ERP) Untuk Manufacturing, Trading dan Service, dilaksanakan pada Sabtu, 10 November 2018. Bertempat di Ruang Sidang Senat Lt.3 Gedung A3 Politeknik Negeri Jember. Kegiatan ini diikuti oleh Start Up Pebisnis Pemula (Dosen, Mahasiswa, Teknisi) Politeknik Negeri Jember dengan mengundang Praktisi di bidang ERP, yakni Bapak Isnaeni dan Rofianto.

Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan (PIBKWU) Politeknik Negeri Jember menyelenggarakan Workshop ERP ini untuk mendorong hilirisasi bidang TIK menjadi komersial dan dimanfaatkan oleh para pelaku Start Up di POLIJE dalam mengembangkan bisnisnya memasuki industri 4.0.  Workshop ini untuk bertujuan mendorong hilirisasi bidang TIK menjadi komersial dan dimanfaatkan oleh para pelaku Start Up di Polije dalam mengembangkan bisnisnya memasuki industri 4.0. Selain itu, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan best practice sistem ERP (Sales & Distribution, Materials Management, Production Planning, Financial Accounting, Controlling, dan Human Capital Management), kelebihan – kelemahannya, persiapan untuk implementasi dan berbagai masalah dan troubleshooting dalam implementasinya.

Foto: Peserta Workshop Implementasi Enterprises Resource Planning

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dewasa ini perusahaan memperhitungkan ERP sebagai bagian penting dari suatu organisasi. ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. ERP mampu menyediakan informasi secara real-time tentang proses bisnis inti perusahaan seperti produksi, order processing, dan inventory management. ERP memantau sumber  daya perusahaan seperti uang, bahan mentah, kapasitas produksi, dan pegawai. ERP dipergunakan untuk mengelola status komitmen bisnis yang dibuat misalnya customer orders, purchase orders, and employee payroll.

Adapun materi yang diberikan adalah:

  1. Konsep dasar Enterprise Resource Planning (ERP)
  2. Persiapan hardware dan software untuk go live ERP
  3. Penerapan software ERP dan berbagai provider system ERP
  4. Penerapan ERP pada Sales & Distribution
  5. Penerapan ERP pada Materials Management
  6. Penerapan ERP pada Production Planning
  7. Penerapan ERP pada Financial Accounting
  8. Penerapan ERP pada Controlling
  9. Penerapan ERP pada Human Capital Management
  10. Best practice, Case study dan troubleshooting.

Foto: Pembicara pada Workshop dari kiri Hariyono Rakhmad, S.Ps., M.Kom, Asep Samsudin, S.Ps, Ir. Triono Bambang Irawan, MP, Isnaeni, dan Rofianto.

Dengan ERP data dapat dimasukkan ke dalam sistem dari berbagai departemen (manufacturing, purchasing, sales, accounting, dsb.) ERP mengelola data secara sentral sehingga hanya perlu sekali saja memasukkan data untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh berbagai proses bisnis lainnya. ERP melancarkan arus informasi yang berjalan lintas fungsi di dalam organisasi sampai kepada hubungan dengan para stake holder di luar perusahaan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+

Upcoming Events

Categories