11111 33333 Siap Bantu UMKM di Jawa Timur, IBKWU Polije Memberikan Pelatihan dan Sertifikasi Pendamping UMKM bagi Staff – IBKWU

Siap Bantu UMKM di Jawa Timur, IBKWU Polije Memberikan Pelatihan dan Sertifikasi Pendamping UMKM bagi Staff

Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan (IBKWU) Politeknik Negeri Jember (Polije) melihat geliat bisnis dan UMKM di wilayah Jawa Timur menjadi melambat karena pandemi. Sebagai langkah dalam rangka persiapan membantu UMKM tersebut, IBKWU Polije menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam pendampingan UMKM melalui kegiatan sertifikasi dan pendampingan UMKM.

Kegiatan yang berlangsung 3 hari dari tanggal 14 s.d 16 Agustus 2020 ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Jember, Bapak Saiful Anwar, S. TP., M. P. dalam sambutannya pentingnya inkubator dalam proses hilirisasi riset dan Teknologi Tepat Guna yang dihasilkan dari kampus, selain itu IBKWU juga diperlukan dalam peningkatan ekonomi dengan pendampingan UMKM di sekitar kampus. Maka itu diperlukan sinergitas antara kampus dan masyarakat.

Pada hari pertama diisi oleh pelatihan pendampingan UMKM yang bekerja sama Utama Bhakti Consultant (UBC), dalam sesi pelatihannya Bapak Drs. Lukman Ekana Putra, M. Si. memberikan materi tentang unit-unit kompetensi yang diperlukan dalam sertifikasi skema pendampingan UMKM.

Hari selanjutnya dilanjutkan dengan penyusunan portfolio riwayat pendampingan UMKM yang diikuti oleh seluruh peserta dengan diikuti dengan sesi coaching. Penyusunan portfolio ini diperlukan untuk sertifikasi skema pendampingan UMKM dengan berbasis Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Sertifikasi pendampingan UMKM bagi para staff dilakukan pada hari ketiga secara daring, kegiatan wawancara secara virtual dilaksanakan langsung bersama LSP P3 BNSP RI dalam hal ini bekerja sama dengan Lembaga Koperasi Nusantara.

Sebagai penutup Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PKKWU) Polije, Bapak Dr. Dhanang Eka Putra, M. Sc. memberikan informasi bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian program pengembangan SDM bagi staff, mahasiswa maupun dosen di lingkungan polije. Beliau menjelaskan sebelumnya terdapat dua program sayembara ide bisnis bagi mahasiswa dan hibah inovasi bisnis bagi dosen. Lebih lanjut kegiatan pelatihan dan sertifikasi UMKM diharapkan 11 staff yang terdiri dari para manajer dan pengelola IBWKU diharapkan dapat dinyatakan kompeten serta siap mendampingi UMKM di wilayah Jawa Timur.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Categories