Program dan Capaian Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) 2017

Pencapaian IBKWU melalui program IbK (Ipteks bagi Kewirausahaan) dalam mendorong sektor kewirausahaan baru pada tahun 2017 adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran dan Seleksi Calon Tenant: meliputi administrasi persyaratan,  tes tulis, dan wawancara. Dari 54 peserta seleksi, diperoleh 34 calon tenant pada tahapan ini.

2. Pelatihan kewirausahaan: meliputi pelatihan bisnis model kanvas (BMC), pemasaran dan e-commerce, manajemen usaha, dan motivasi. Pelatihan kewirausahaan bertujuan untuk membekali kemampuan bisnis tenant seperti perencanaan dan strategi bisnis, kemampuan melihat peluang bisnis dan aplikasinya. Jumlah peserta pelatihan kewirausahaan sebanyak 20 tenant.

3. Program Magang tenant pada Industri Mitra: Kegiatan ini akan dilakukan selama 1 (satu) bulan dengan lokasi magang, antara lain : CV. Arjuna Flora Batu Malang, Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) “BINTANG TANI SEJAHTERA”, CV. Bagas Jaya – Tour dan Travel, Rumah Jamur, Desa Wisata Lombok Kulon, Mie Mien, PT. Kutai Timber Indonesia. Disamping ikut bekerja sehari-hari pada industry tersebut, tenant diwajibkan terlibat dalam pelaksanaan pengelolaan (organisasi, produksi, keuangan dan pemasaran) industri, berkomunikasi dengan karyawan dan relasi industri.

4. Pembimbingan Tenant: Pola pembimbingan dilakukan untuk tenant dalam mengembangkan produk baru atau inovasi baru, teknik pembiayaan usaha, pola pemberian bantuan teknologi, dan metode penyelesaian masalah sampai pada realisasi usaha. Dengan banyak berkomunikasi dan berinteraksi antara tenant dengan pembimbing diharapkan terjadi sinergis hubungan antara keduanya. Bila ada permasalahan pada tenant dapat segera dicari solusinya. Pembimbingan juga dilakukan melalui workshop dan seminar-seminar, teknik Penulisan Proposal dan pemantapan Bisnis Plan.

5. Final Inkubasi Tenant: Final dari Inkubasi tenant oleh PIBKWU menghasilkan 5 unit kewirausahawan dan 5 paten merek baru yakni:

  • Wirausaha Produksi Kerupuk Puli Merk Cahaya (Kaamaliaa Anisya)
  • Wirausaha Produksi Telur Puyuh Asin Asap (Yusuf Miftahul)
  • Wirausaha Produksi Baglog dan Jamur Tiram, Rumah Jamur (Aditya Ardianto)
  • Wirausaha Produksi Mie, merk Mie Mien (Galih Winasis)
  • Wirausaha Produksi Penyedap Rasa Alami Non MSG, merk Merdeka (Nur Huda)

6. Buku Ajar Kewirausahaan: PIBKWU menghasilkan draft buku dengan judul “Kewirausahaan, Start Up : Membangun Prospek Bisnis”.

7. Publikasi Media Massa: Adapun publikasi ada pada Media Massa di Jawa Post Tanggal 7 September 2017, dengan judul : “Rangsang Mahasiswa Untuk Berwirausaha dalam Program Ipteks Bagi Kewirausahaan (IbK) di Politeknik Negeri Jember”.

8. Publikasi Ilmiah: Publikasi Ilmiah dalam bentuk artikel ilmiah yang diseminarkan pada Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2017 tanggal 7 Nopember di Politeknik Negeri Jember, dengan judul : “IPTEK BAGI KEWIRAUSAHAAN (IbK) DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER”.

Foto: Kunjungan Industri Kewirausahaan Bersama Tenant Binaan 2017
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+

Upcoming Events

Categories