11111 33333 Internship Enterpreuner Polije Expo (IEPE) menjadi Penutup Serangkaian PKL – Tematik Kewirausahaan – IBKWU

Internship Enterpreuner Polije Expo (IEPE) menjadi Penutup Serangkaian PKL – Tematik Kewirausahaan

Politeknik Negeri Jember (Polije) telah mendapatkan support dari USAID – Mitra Kunci dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam hal ini adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sebelumnya telah menyelenggarakan Praktik Kerja Lapang (PKL) Tematik – Kewirausahaan untuk seluruh mahasiswa program studi di jenjang Diploma – 4 Polije selama satu bulan di wilayah Kabupaten Lumajang dan sekitarnya.

Sebagai output dari kegiatan PKL Tematik Kewirausahaan tersebut, UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (PKKWU) Polije memberikan wadah bagi para mahasiswa yang telah kembali dari masing-masing desa untuk melakukan pameran produk dan hasil wirausaha melalui kegiatan yang bertajuk “Internship Enterpreuner Polije Expo (IEPE)”.

Kegiatan IEPE yang digelar di Gedung Aula Soetrisno Widjaja ini diselenggarakan pada hari Jum’at, 25 September 2020 dengan konsep luring maupun daring. Karena dilaksanakan di tengah pandemi, maka dalam penyelenggaraannya menggunakan protokol kesehatan yang ketat: dengan melakukan pembatasan pengunjung, pembatasan jam kunjung, maupun menyediakan sarana live streaming pameran melalui channel youtube maupun instagram UPT PKKWU.

Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Bupati Lumajang yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas PMD dan Wakil Direktur I Bidang Akademik. Dalam sambutannya Bapak Surateno, S. Kom., M. Kom memberikan penjelasan bahwa program PKL Tematik – Kewirausahaan merupakan implementasi program “merdeka belajar” dari Kemdikbud dengan memberikan kesempatan mahasiswa selain PKL di Industri, juga dapat PKL di desa dengan bertemakan mengembangkan potensi dan berwirausaha. Lebih lanjut Kepala Dinas PMD juga menyampaikan apresiasi sangat baik terhadap karya mahasiswa Polije yang terbukti dengan pameran berbagai produk unggulan berasal beragai desa di Kabupaten Lumajang.

IEPE diikuti oleh perwakilan 40 stand dari 78 kelompok PKL Tematik Kewirausahaan. Konten pameran juga beragam, mulai dari produk unggulan dari masing-masing desa sampai dengan produk hasil dampingan mahasiswa yang siap jual dan komersialisasi. Dalam kegiata IEPE juga dilakukan pengumuman pemenang lomba pembuatan video dokumenter kegiatan wirausaha, lomba fotografi, lomba pembutan business model canvas (bmc), dan juga lomba stand terbaik. Penyerahahan hadiah kepada mahasiswa dilakukan langsung oleh Wakil Direktur II bidang kepegawaian dan umum, dalam hal ini Bapak Ir. Abi Bakri, M. Si yang berkenan untuk langsung menyerahkan trophy, sertifikat dan uang pembinaan kepada peserta lomba.

Sebagai penutup serangkaian PKL – Tematik Kewirusahaan dan IEPE, perwakilan dari USAID – Mitra Kunci yaitu Bapak Amrullah secara live conference memberikan pesan kepada mahasiswa Polije untuk tidak tenggelam dalam euforia kemenangan kecil (small victory) atas selesainya program PKL – Tematik kewirausahaan ini, diharapkan mahasiswa Polije dapat terus mengembangkan potensi diri maupun mengabdi kepada masyarakat sebagai kelanjutan program PKL – Tematik Kewirausahaan. Direktur Politeknik Negeri Jember, Bapak Saiful Anwar, S. TP., M. P. juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa Polije atas terselenggaranya kegiatan PKL – Tematik Kewirausahaan sebagai sarana aktualisasi atas apa yang sudah dipelajari di kampus guna terjun ke tengah masyarakat, serta harapan beliau Polije dapat terus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan wilayah disekitarnya guna untuk pengembangan potensi daerah.

Dokumentasi kegiatan IEPE yang berdurasi selama 4 jam dapat dilihat di:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on google
Google+
Categories